Rahasia Bangunan Kolonial Awet Hingga Ratusan Tahun

0

Hampir di setiap sudut kota di Indonesia banyak ditemukan bangunan-bangunan lama yang merupakan peninggalan kolonial namun masih berdiri dengan kokoh. Meskipun sudah berdiri lebih dari puluhan tahun, bahkan ratusan tahun, bangunan-bangunan tersebut masih tegak paripurna di tengah ribuan bangunan baru.

Ternyata, terdapat beberapa alasan di balik kokohnya bangunan-bangunan tersebut. Tapi hal tersebut tidak berhubungan dengan hal-hal mistis sama sekali. Melainkan penggunaan bahan-bahan bangunan dengan kualitas yang berkualitas. Salah satu rahasianya adalah penggunaan material bangunan yang memiliki racikan khusus. 

Rahasia bangunan Kolonial Tetap Berdiri Kokoh

Bangunan-bangunan masa kolonial banyak tersebar di seluruh kawasan di Indonesia dan memiliki tampilan visual yang khas. Bahkan tanpa mencari tahu, siapapun pasti sudah bisa menebak jika bangunan tersebut adalah bangunan lama. Meskipun berusia ratusan tahun, bangunan tersebut masih berdiri dengan gagahnya. Apa saja rahasianya?

  • Perencanaan Pra-Konstruksi

Sebelum memulai tahap pembangunan, orang-orang zaman kolonial selalu memperhitungkan dan merancang konsep bangunan dengan matang. Umumnya para arsitek zaman kolonial merancang konsep bangunan dengan begitu teliti termasuk mempersiapkan rancangan yang sesuai dengan fungsi bangunan.

Selain itu, perhitungan dalam membangun juga sangat diperhatikan sehingga dapat menghasilkan tingkat presisi yang tepat yang membuat bangunan lebih kokoh. Jika diperhatikan, berbagai bagunan kolonial yang ada di berbagai kota di Indonesia memiliki kesamaan yaitu tiang dan pondasi rumah belanda berukuran besar.

Itulah beberapa alasan kokohnya bangunan-bangunan tersebut.

  • Menggunakan Semen Khusus

Dalam urusan konstruksi, semen menjadi salah satu elemen yang sangat penting. Pemilihan semen inilah yang menjadi salah satu rahasia kenapa bangunan jaman dulu kuat dan kokoh. 

Pada zaman dahulu, semen yang digunakan adalah semen merah yang kemudian dicampur dengan gamping. Tidak jarang pekerjaan bangunan menggunakan serbuk batu bata merah yang telah digiling halus dan mencampurnya dengan batu kapur sebagai perekat. 

Sehingga berbagai bangunan zaman dulu termasuk bangunan fasilitas publik berdiri dengan kokoh dengan racikan khusus ini.

  • Bahan Bangunan Berkualitas

Salah satu alasan mengapa bangunan Belanda awet sampai ratusan tahun adalah penggunaan bahan bangunan yang berkualitas. Pada zaman dahulu pembuatan bangunan menggunakan material yang didatangkan langsung dari Belanda termasuk penggunaan beton dengan mutu K400.

Berbeda dengan bangunan-bangunan modern saat ini yang umumnya menggunakan beton dengan mutu K257. Hal ini tentu sangat jauh berbeda sehingga Anda bisa membayangkan kenapa bangunan-bangunan jaman dulu masih kokoh.

  • Dinding Tebal

Salah satu faktor yang membuat bangunan-bangunan zaman kolonial kuat adalah pemasangan dinding dengan ketebalan hingga 80 sampai 100 cm. Sementara itu, kala itu dinding menjadi struktur utama sebuah bangunan tidak seperti saat ini dimana dinding hanya sebagai bagian untuk pembatas ruang saja.

  • Penggunaan Material Batu

Sebagian besar bangunan zaman dulu menggunakan batu berkualitas sebagai bahan bangunannya. Pemilihan batu bukan tanpa alasan sebab batu merupakan material yang kuat sehingga dipilih untuk memperkuat struktur bangunan kala itu.

Begitulah rangkuman alasan masuk akal kenapa bangunan-bangunan zaman dulu masih kuat dan kokoh meski sudah berusia ratusan tahun. Bahkan, masih banyak sekali bangunan-bangunan peninggalan kolonial yang masih digunakan hingga saat ini.

Bangunan kokoh dan kuat tersebut tidak lepas dari pemilihan material yang berkualitas. Jadi pastikan Anda memilih material berkualitas untuk membuat bangunan kokoh bak bangunan kolonial ini.

Temukan produk beton instan dengan kualitas terbaik untuk berbagai kebutuhan konstruksi Anda di https://scgcbm.id/. Produk beton instan SCG ini tersedia dalam berbagai pilihan mutu hingga K500 dalam berbagai varian. Cocok untuk proyek konstruksi baik rumah maupun gedung-gedung bertingkat.

Sumber referensi:

https://www.scribd.com/document/399428265/Alasan-Bangunan-Kolonial-Lebih-Kokoh#

https://berita.99.co/rumah-kolonial-kuat-dan-kokoh/

https://www.viva.co.id/gaya-hidup/inspirasi-unik/1494114-bisa-ditiru-4-alasan-rumah-belanda-tetap-kokoh-hingga-sekarang?page=all

https://www.urbanjogja.com/khazanah/6928719121/inilah-alasan-bangunan-zaman-kolonial-awet-hingga-ratusan-tahun

Leave A Reply

Your email address will not be published.