Mengenal Puskesmas Indonesia dan Pelayanan Kesehatannya

0

Kesehatan masyarakat menjadi salah satu prioritas penting yang harus diperhatikan oleh pemerintah. Hal ini bukan tanpa alasan, mengingat tingkat kesehatan masyarakat yang baik tentu bisa memberikan pengaruh positif pada kehidupan yang sejahtera.  Dalam mewujudkan kesehatan masyarakat yang baik, pemerintah menghadirkan https://puskesmasindonesia.id.

Puskesmas sendiri adalah Pusat Kesehatan Masyarakat yang memberikan layanan atau fasilitas kesehatan kepada masyarakat. Dalam hal ini, Puskesmas mempunyai peran sebagai layanan kesehatan yang memberikan upaya promotif serta preventif untuk mewujudkan masyarakat yang sehat dan sejahtera.

Apa Saja Pelayanan Kesehatan di Puskesmas?

Terlepas dari statusnya sebagai fasilitas kesehatan tingkat pertama, Puskesmas mempunyai fasilitas yang dapat diandalkan dalam melayani pasien. Puskesmas juga dapat memberikan perawatan penyakit yang memadai, walaupun memang tidak selengkap di rumah sakit besar. Beberapa pelayanan kesehatan yang bisa diberikan oleh Puskesmas yaitu:

Rawat jalan tingkat pertama

Puskesmas memberikan pelayanan pencegahan penyakit, konsultasi, serta saran pengobatan pada pasien yang tidak memerlukan rawat inap.

Pelayanan rawat jalan yang diberikan oleh Puskesmas antara lain:

  • Promosi, penyuluhan, dan pelayanan kesehatan fisik, kesehatan gigi, kesehatan jiwa, kesehatan reproduksi (seperti deteksi dini kanker serviks), napza, pola makan, kesehatan lansia, serta kesehatan kerja dan olahraga
  • Pelayanan kesehatan lingkungan dengan memantau pengelolaan makanan, tempat umum, serta sumber air bersih
  • Pelayanan kesehatan anak, ibu, dan keluarga berencana, seperti pemeriksaan kondisi ibu hamil, membantu persalinan, perawatan masa nifas, program keluarga berencana, pemberian imunisasi bagi bayi dan anak, serta konseling menyusui serta makanan pendamping ASI
  • Pelayanan gizi dengan melakukan deteksi dini kasus gizi di masyarakat serta melakukan asuhan keperawatan pada kasus gizi
  • Pelayanan pencegahan dan pengendalian penyakit, baik penyakit menular atau tidak menular
  • Pelayanan skrining kesehatan untuk pasien dengan resiko penyakit kronis, seperti diabetes tipe 2 atau hipertensi
  • Pengobatan tradisional, komplementer, dan alternatif dengan memanfaatkan tanaman obat keluarga

Rawat inap tingkat pertama

Puskesmas juga menawarkan penanganan rawat jalan yang disertai tambahan fasilitas rawat inap sesuai indikasi medis pasien. Rawat inap di Puskesmas hanya untuk kasus-kasus yang durasi rawatnya paling lama 5 hari. Pasien yang membutuhkan perawatan lebih dari 5 hari akan dirujuk ke rumah sakit.

Layanan Kesehatan Pengguna BPJS di Puskesmas

Sejak 2014, pemerintah Indonesia sudah menetapkan sistem jaminan kesehatan berskala nasional yang diberi nama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Dengan menjadi peserta BPJS dan membayar iuran sesuai kewajiban, peserta akan memperoleh pelayanan kesehatan sesuai haknya.

Keuntungan menjadi anggota BPJS adalah memperoleh pelayanan kesehatan dengan keringanan biaya atau bahkan tanpa dipungut biaya sama sekali. Berikut ini kemudahan-kemudahan yang bisa diperoleh oleh peserta BPJS:

  • Jika Anda ada di luar wilayah Puskesmas tempat Anda terdaftar, maka masih bisa berobat di Puskesmas manapun, tidak harus di Puskesmas tempat terdaftar.
  • Jika terjadi keadaan gawat darurat, maka juga bisa memperoleh pelayanan kesehatan di faskes atau puskesmas manapun.
  • Jika Anda membutuhkan pelayanan kesehatan tingkat lanjut, dokter di Puskesmas atau faskes akan memberikan rujukan supaya Anda bisa melakukan pengobatan ke fasilitas layanan kesehatan yang lebih lengkap, misalnya seperti di rumah sakit.

Melihat lengkapnya pelayanan kesehatan yang disediakan, Anda kini tidak perlu ragu untuk berobat di https://puskesmasindonesia.id. Selain pelayanan yang terbilang cukup lengkap, Puskesmas juga didukung oleh tenaga medis yang profesional, seperti dokter umum, dan fasilitas yang sudah memenuhi standar.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.