Mengenal Macam-Macam Produk Asuransi Jiwa Syariah

0

Makin banyak masyarakat muslim yang tidak ragu untuk berasuransi, khususnya membeli produk asuransi jiwa, karena sekarang juga sudah ada asuransi jiwa syariah , berbasis pengelolaan secara Islami sehingga lebih aman dan halal. Hidup dengan asuransi akan membuat pikiran jadi semakin tenang, karena sudah punya perlindungan kepada anggota keluarga tercinta, jika suatu saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada tertanggung atau nasabah.

Asuransi bisa jadi pilihan terbaik untuk mengelola keuangan agar lebih sehat, bayangkan saja sekarang ini hanya dengan uang puluhan ribu rupiah saja Anda sudah bisa mendapatkan produk asuransi, artinya dari uang yang dulunya mungkin Anda anggap receh dan hanya bisa dipakai untuk jajan sekali, sekarang ini bisa digunakan untuk membeli sesuatu yang lebih bermanfaat untuk masa depan, bukan hanya pada diri sendiri, melainkan juga bermanfaat untuk keluarga.

Sayangnya mungkin kesadaran masyarakat untuk berasuransi juga masih rendah, karena banyak yang merasa beli asuransi rugi, karena uang premi yang sudah dibayarkan tidak bisa begitu saja ditarik atau diambil, melainkan ada sejumlah ketentuan khusus yang harus dipenuhi untuk bisa mendapatkan manfaat tersebut, tak lain adalah dengan mengajukan klaim. Klaim asuransi ini juga tidak dapat dilakukan seenaknya, karena ada prosedur yang harus diikuti.

Asuransi jiwa syariah menawarkan beberapa pilihan jenis produk, berikut ini yang patut diketahui, yaitu:

  1. Takaful, istilah yang satu ini tentunya sudah tidak asing bagi Anda, takaful sendiri adalah sebuah prinsip yaitu saling tolong menolong, yaitu tolong menolong antar sesama peserta asuransi yang lain. Jadi dalam asuransi syariah ada istilah dana atau uang iuran, yaitu sejumlah dana yang harus rutin dibayarkan oleh peserta asuransi agar polis tetap aktif, jika salah satu dari peserta tersebut mengalami musibah. Maka uang iuran bersama ini yang nantinya akan dipakai untuk membiayai atau dicairkan. Begitu seterusnya bergantian, itulah mengapa dikenal sebagai produk untuk tolong-menolong.
  2. Mudharabah, jenis yang lainnya adalah mudharabah atau yang dikenal sebagai prinsip bagi hasil, yaitu ada pembagian keuntungan antara peserta dengan perusahaan asuransi. Jika di awal akadnya memang ditujukan untuk investasi, dalam asuransi konvensional dikenal juga dengan istilah unit link. Dimana sebagai peserta Anda memberikan modal kepada perusahaan asuransi dan mempercayakan uang tersebut dikelola oleh perusahaan, diinvestasikan pada beberapa instrumen yang pastinya halal, keuntungan yang didapatkan akan dibagi bersama, sesuai dengan kesepakatan. Jangan khawatir karena asuransi syariah ini transparan di dalam pembagian keuntungan, sehingga Anda akan mendapatkan hal yang sesuai.

Dibandingkan dengan asuransi konvensional, sebenarnya produk asuransi syariah juga punya banyak keuntungan, yaitu:

  1. Halal, hal yang paling dicari oleh umat muslim dalam produk keuangan, sehingga setiap transaksi yang dilakukan nantinya akan diridhoi sehingga tidak memicu dosa. Pastinya Anda sendiri sudah tahu bahwa produk asuransi syariah jauh dari istilah riba, perjudian sampai dengan gharar atau ketidakjelasan. Hal inilah yang membuatnya dikenal halal, sesuai dengan prinsip Islami.
  2. Tidak mengenal dana hangus, jaminan keamanan juga untuk uang atau dana yang sudah Anda bayarkan kepada perusahaan asuransi tersebut, karena asuransi syariah tidak mengenal adanya dana hangus. Sekalipun tidak terjadi klaim yang dilakukan oleh nasabah asuransi, namun selama polis masih aktif, maka uang asuransi akan tetap aman dan pasti akan dikembalikan kepada pemiliknya.
  3. Pembagian keuntungan yang jelas, dana yang sudah dimasukkan kedalam asuransi tetap jadi milik peserta bersama, bukan hal milik dari perusahaan asuransi tersebut, sehingga sekalipun nantinya uang dikelola untuk modal investasi, jika seandainya mendapatkan keuntungan dari investasi tersebut, maka peserta akan dibagi, pembagian juga dilakukan secara jelas dan transparan.

Asuransi jiwa syariah memang selain lebih aman, juga lebih menguntungkan untuk proteksi umat muslim. Ingat kematian ini dapat terjadi pada siapa saja tanpa ada yang tahu kapan waktunya, jauh-jauh hari sebelum ajal menjemput tentunya tidak ada salahnya jika Anda mulai membuat persiapan secara matang, salah satunya menggunakan asuransi jiwa. Cukup percayakan saja kepada perusahaan yang tepat, tak lain adalah I Love Life dari Astra.

Leave A Reply

Your email address will not be published.