Cara Deep Fake AI Bekerja

0

Semakin pesatnya kemajuan teknologi membuat kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) memiliki banyak jenis. Salah satu yang sudah tidak asing lagi adalah deep fake. Deep fake  AI adalah teknologi manipulasi video dan audio yang menggunakan kecerdasan buatan untuk menciptakan konten yang membuat orang terlihat atau terdengar melakukan hal-hal yang sebenarnya tidak dilakukan. Asal usul teknologi ini dapat ditelusuri ke tahun 2017, ketika aplikasi deep fake pertama kali muncul dan mulai digunakan untuk membuat konten yang sulit dibedakan dari aslinya.

Biasanya, deep fake AI digunakan untuk menyebarkan informasi palsu atau hoaks dengan sengaja atau mungkin ada niat jahat di balik penggunaannya. Mereka dapat dirancang untuk melecehkan, mengintimidasi, merendahkan dan merendahkan orang lain. Deep fake AI juga dapat menimbulkan misinformasi dan kebingungan mengenai isu-isu penting. Secara umum, terdapat dua cara kerja pada deep fake.

Yang pertama adalah Deep Neural (DNN). Konsep DNN digunakan dalam pembuatan deep fake AI untuk membuat video palsu dengan menggunakan teknologi machine learning yang dapat menggabungkan wajah seseorang ke dalam video lain. Proses ini dimulai dengan mengumpulkan data wajah target dan data video sumber yang akan dimanipulasi. Kemudian, algoritma deep learning digunakan untuk melatih model neural network agar dapat mempelajari dan mereplikasi ekspresi wajah, gerakan bibir, dan gerakan mata dari seseorang.

Selain cara di atas, deep fake AI bekerja dengan Generative Adversarial Networks (GANs). GANs merupakan salah satu model machine learning yang terdiri dari dua bagian utama: generator dan discriminator. Generator bertugas untuk membuat data baru yang menyerupai data asli, sedangkan discriminator bertugas untuk membedakan antara data asli dan data yang dihasilkan oleh generator. Kedua bagian ini akan saling bersaing dalam proses pembelajaran, di mana generator akan belajar untuk menghasilkan data yang semakin mendekati data asli, sedangkan discriminator akan belajar untuk semakin baik dalam membedakan antara data yang asli dan palsu.

Leave A Reply

Your email address will not be published.